Adsense

Wednesday 8 March 2017

PERSIAPAN MASUK SEKOLAH PILOT

PERSIAPAN MASUK SEKOLAH PILOT


Pilot adalah merupakan profesi yang sangat menarik bagi beberapa orang, karena profesi pilot bila dilihat secara simpel, pilot itu; punya penghasilan yang tinggi, gagah, keren, bisa traveling ke berbagai kota bahkan ke berbagai negara secara gratis dan lain-lain.

Untuk menjadi pilot tentunya seseorang harus melalui jalur tertentu, salah satunya adalah masuk sekolah pilot (belajar menerbangkan pesawat terbang) agar bisa mendapatkan lisensi terbang dengan kualifikasi tertentu yang dipersyaratkan sebagai pilot.

Pada tulisan sebelumnya saya sudah menulis mengenai 'Tips Memilih Sekolah Pilot yang Baik dan Berkualitas'.

Di kesempatan ini, saya akan menulis sedikit mengenai "Persiapan Masuk Sekolah Pilot", yang mana ini adalah merupakan tahapan awal bagi seseorang yang akan melanjutkan pendidikannya ke sekolah pilot, baik setelah lulus dari sekolah menengah atas (minimal) atau sederajat atau bisa juga dari lulusan setingkat Diploma atau Sarjana (S1/ S2).

Untuk masuk atau melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi atau melanjutkan pendidikan ke sekolah tertentu yang menjadi favorit atau pilihan, tentunya butuh persiapan, karena apapun jenis sekolahnya ataupun jurusan yang dipilih, tetap saja harus ada persiapan yang baik dan terencana. Apalagi kalau sekolah yang akan di jalani nantinya membutuhkan persyaratan khusus yang harus/ wajib dipenuhi, belum lagi biaya pendidikan yang jumlahnya pastinya tidak sedikit yang harus disediakan atau disiapkan.

Demikian halnya dengan masuk sekolah pilot.
Lalu kenapa masuk sekolah pilot harus dipersiapkan dengan baik ?, tentunya hal ini karena beberapa faktor, antara lain :
1. Sekolah pilot itu adalah sekolah khusus keahlian profesi, yang mana nantinya setelah lulus seseorang akan jadi pilot dengan kualifikasi tertentu sesuai dengan persyaratan yang telah di tetapkan dalam peraturan atau regulasi pemerintah dan peraturan atau regulasi internasional.
2. Dibutuhkan adanya faktor yang menunjang keberhasilannya untuk menjadi pilot seperti; kesehatan jasmani dan rohani, bakat, kemampuan intelegensia dan lain-lain.
3. Risikonya sangat tinggi.
4. Biaya pendidikannya mahal.

Selanjutnya, bagaimana seharusnya seseorang mempersiapkan diri untuk masuk sekolah pilot, supaya tingkat keberhasilannya cukup tinggi.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum masuk Sekolah Pilot :
1. Pastikan bahwa anda sehat secara jasmani dan rohani, dengan cara memeriksakan diri anda ke Rumah Sakit tertentu atau ke Klinik. Mulai dari periksa mata, telinga, gigi, hidung, jantung, tekanan darah, urine, syaraf dan lain-lain.
2.Memiliki tinggi badan dan berat badan yang proporsional sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.
3. Usia pada saat mendaftar sudah memenuhi batasan usia minimum yang di persyaratkan.
Menurut Peraturan/ Regulasi resmi, untuk menjadi Pilot Komersial, batasan usia minimum adalah 18 tahun.
4. Mampu berbahasa inggeris dengan baik, secara active (berbicara) maupun pasive (membaca).
Agar anda dapat mengusainya dengan baik; ambilah kursus atau les private secara intensive sampai anda menguasainya dengan baik sekali.
5. Mampu berhitung perhitungan sederhana dengan cepat.
Bila tidak memiliki kemampuan, disarankan untuk kursus matematika dasar atau kursus belajar hitung metode cepat (kumon). Ini disarankan khususnya untuk lulusan sekolah menengah atas yang non-eksakta (IPS).
6. Menguasai teknik fisika dasar.
Bila tidak memiliki kemampuan, disarankan untuk kursus mengenai fisika dasar. Ini disarankan untuk lulusan sekolah menengah atas yang non-eksakta (IPS).
7. Menambah pengetahuan tentang ilmu penerbangan, seperti; pengetahuan mengenai bagian-bagian pesawat terbang, pengetahuan mengenai instrument pesawat terbang.
8. Menambah pengetahuan mengenai zona waktu internasional dan perbedaan waktu antara satu tempat dengan tempat lain di dunia.
9. Menambah pengetahuan mengenai arah dan menentukan arah dari satu tempat ke tempat lainnya menurut kompas.
10. Mencari tahu atau informasi mengenai sekolah pilot yang akan dimasuki, mulai dari; program pendidikan dan pelatihannya, lokasi kampus dan tempat latihan terbangnya, fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki, waktu/ masa pendidikannya berapa lama dan lain-lain.
11. Mencari tahu mengenai biaya pendidikannya sampai dengan lulus dan tata cara pembayarannya bagaimana.

Apa yang saya sampaikan diatas, mungkin saja akan berbeda antara satu sekolah pilot dengan sekolah pilot lainnya, tergantung dari kebijakan yang di tetapkan oleh masing-masing sekolah pilotnya. Akan tetapi mungkin saja ada beberapa dari yang saya tulis bisa dijadikan referensi untuk mempersiapkan diri anda masuk sekolah pilot.

Demikian sekilas mengenai persiapan untuk masuk sekolah pilot.



SEMOGA BERMANFAAT








1 comment: