Adsense

Monday 27 February 2017

TIPS MEMILIH SEKOLAH PILOT YANG BAIK DAN BERKUALITAS

TIPS MEMILIH SEKOLAH PILOT YANG BAIK DAN BERKUALITAS


Sekolah adalah merupakan suatu lembaga atau institusi yang menyelenggarakan program pendidikan atau pelatihan atau bisa keduanya.

Saat ini kebutuhan akan pendidikan sudah menjadi kebutuhan primer bagi semua orang, karena melalui jalur pendidikan, seseorang bisa mendapatkan pengetahuan dan atau keahlian khusus agar kelak bisa memperoleh pekerjaan atau kehidupan yang layak atau bahkan lebih dari layak di kemudian hari. Hal ini tentunya hanya bisa didapat melalui pendidikan dan pelatihan tertentu di suatu lembaga pendidikan dan pelatihan atau sekolah.

Ketika seseorang yang telah lulus sekolah, minimal setingkat Sekolah Lanjutan Atas atau Sekolah Menengah Umum atau Sekolah Menengah Kejuruan, pasti banyak yang ingin melanjutkan pendidikannya atau sekolahnya ke tingkat yang lebih tinggi atau melanjutkan ke sekolah khusus yang memiliki kompetensi, dengan harapan setelah lulus bisa segera bekerja dan mendapatkan penghasilan yang diharapkan sesuai dengan profesinya.

Keputusan untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi tentunya merupakan keputusan yang tidak mudah, apalagi kalau dihadapkan dengan pilihan sekolah dan jurusan pendidikan yang harus di pilih. Keputusan ini biasanya selalu di dasari oleh pertimbangan berbagai faktor yang antara lain; minat, jurusan pendidikan, sekolah yang akan dipilih, keterbatasan dasar pendidikan, kemampuan intelegensia, keterbatasan kemampuan finansial dan lain-lain.

Demikian halnya juga ketika seseorang ingin sekolah pilot.

Sebelum tahun 2006, di Indonesia hanya ada 3 sekolah pilot, yang mana 1 sekolah pilot dimiliki oleh pemerintah dan 2 sekolah pilot milik swasta. Hal ini sangat tidak sebanding dengan kebutuhan pilot pada saat itu dimana kebutuhan maskapai penerbangan akan pilot sangat tinggi hingga mencapai 400 pilot pertahun, sedangkan output atau lulusan sekolah pilot di indonesia saat itu hanya sekitar 40 - 60  pilot pertahunnya.

Kondisi inilah yang kemudian memicu banyaknya minat orang-orang untuk menjadi pilot, khususnya anak-anak muda yang baru lulus sekolah menengah atas atau umum, karena terbukanya peluang yang luas untuk menjadi pilot komersial di maskapai-maskapai ternama di Indonesia dengan gaji yang tentunya pasti menggiurkan dan masa depan yang baik pastinya.
Sejalan dengan besarnya minat yang tinngi untuk menjadi pilot, keadaan ini segera saja di tanggapi oleh beberapa pengusaha untuk berlomba membuat sekolah pilot, guna memenuhi minat yang tinggi dikalangan anak-anak muda yang ingin jadi pilot tersebut. Sehingga dalam kurun waktu 10 tahun, dari yang awalnya hanya 3 sekolah pilot, bertambah dengan pesat menjadi 23 sekolah pilot di tahun 2016.

Dengan banyaknya sekolah pilot, tentunya hal ini akan cukup membingungkan bagi para calon siswa untuk memilih sekolah pilot mana yang baik dan berkualitas. Karena kita semua tahu bahwa biaya untuk sekolah pilot tidak murah alias mahal, sehingga apabila salah memilih sekolah pilot, berarti menyia-nyiakan uang yang sedemikian banyak dan juga waktu.

TIPS
Ada beberapa Tips untuk memilih sekolah pilot yang baik dan berkualitas, agar anda tidak salah memilih sekolah pilot yang mana nantinya akan merugikan diri anda sendiri. Berikut Tips-nya :

  1. Pastikan bahwa sekolah pilot yang akan anda pilih sudah ter-akreditasi, dengan cara melihat izin sekolahnya, yang biasanya dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan.
  2. Lihat program pendidikan yang ditawarkan, apakah programnya sudah memenuhi kebutuhan yang di kehendaki oleh pihak airlines/ maskapai penerbangan.
  3. Apakah sekolahnya memiliki kampus sendiri yang tetap dan alamatnya jelas ?
  4. Apakah fasilitas pendidikan dan pelatihannya lengkap ?, mulai dari :
  • Jumlah pesawatnya berapa ?,
  • Jumlah simulator berapa ?,
  • Jumlah Flight Instructor (Instruktur Terbang) berapa ?,
  • Area tempat latihan terbangnya dimana saja dan ada berapa ?,
  • Perawatan pesawat latihnya bagaimana,
  • Kelasnya ada berapa ?,
  • Bandar udara tempat latihannya ada berapa dan dimana saja ?,
  • Biaya pendidikannya berapa sampai dengan selesai ?
  • Waktu Pendidikannya berapa lama ? 


Kalau anda sudah mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan diatas dan anda merasa yakin bahwa sekolah yang anda pilih tersebut adalah sekolah yang tepat untuk anda dan ini merupakan sekolah pilot yang baik dan berkualitas...anda jangan ragu lagi untuk memilihnya sebagai sekolah pilot pilihan anda.



SELAMAT BERGABUNG DI DUNIA PENERBANGAN






4 comments:

  1. Cara Daftarnya Gimana? Harus Datang Ke BIFA Langsung Kahhh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang Pahlawan,

      Cara daftarnya, bisa langsung datang ke Kantor Pusat BIFA di : Sovereign Plaza Lt. 11, Jl. T.B. Simatupang Kav. 36 Jakarta 12430.

      Atau bisa juga melalui email. Caranya:
      1. Download Formulir Pendaftaran di website BIFA: www.baliflightacademy.com.
      2. Isi Formulir Pendaftaran, setelah itu kirim melalui email ke: info@baliflightacademy.com.
      3. Bayar biaya pendaftaran sebesar 750 ribu rupiah ke Rekening BIFA (No. Rekening BIFA bisa minta ke Ibu RIA di Nomor 08561559932).
      Kirim Bukti Transfernya bersamaan dengan formulir pendaftaran.

      Apabila kurang jelas, dapat menghubungi langsung Ibu RIA di nomor telpon diatas atau di nomor 02129400123.

      Terima kasih sudah berkunjung, semoga penjelasan diatas bisa menjawab.

      Delete
  2. Apakah jurusan ips bisa masuk BIFA???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya Kamal baru bisa balas, karena baru selesai sekolah.

      Jurusan IPS bisa masuk BIFA. Tapi disarankan untuk memperdalam Matematika & Fisika Dasar, karena ada pelajaran yang ada kaitannya dengan Matematika & Fisika.

      Delete